Tugas Minggu Ke-4 ( Pengalaman Penulisan Ilmiah )

“Suka Duka Mengerjakan Penulisan Ilmiah (PI)”

 

Penulisan Ilmiah adalah karya tulis yang disusun oleh seorang penulis berdasarkan hasil-hasil penelitian ilmiah yang telah dilakukannya. Dari definisi yang lain dikatakan bahwa karya ilmiah (scientific paper) adalah laporan tertulis dan dipublikasi yang memaparkan hasil penelitian atau pengkajian yang telah dilakukan oleh seseorang atau sebuah tim dengan memenuhi kaidah dan etika keilmuan yang dikukuhkan dan ditaati oleh masyarakat keilmuan.

Dari pengertian tersebut secara awal kita dapat mengenal salah satu ciri khas karya ilmiah adalah lewat bentuknya yakni tertulis, baik di buku, jurnal, majalah, surat kabar, maupun yang tersebar di internet, di samping ciri lain yang mesti dipenuhi dalam sebuah karya ilmiah.

Penulisan ilmiah juga suatu sks wajib yang harus diambil bagi seluruh mahasiswa gunadarma khususnya strata sarjana. Mulai dari fakultas teknologi industri, fakultas ilmu komputer dan sistem informasi, fakultas ekonomi dan fakultas yang lainnya.

Banyak sekali cerita suka duka yang saya alami dalam mengerjakan penulisan ilmiah ini. saat memasuki semester 6 lalu saya sudah menyiapkan beberapa project aplikasi yang ingin saya buat. Ide-ide tersebut telah saya rencanakan dan dipertimbangkan dari semester 5 lalu. Saya selalu bertanya kepada teman-teman yang ahli dalam project yang akan saya buat. Dan setelah dipertimbangkan dengan baik dan matang. Akhirnya saya memilih project yang bertemakan Android.

Dan tibalah waktunya untuk pembagian dosen pembimbing, pada saat pembagian dosen pembimbing saya sangat menginginkan dosen yang berkriteria

  • Mudah bertemu
  • Memudahkan mahasiswa dan mahasiswi
  • Tidak ribet
  • Bertanggung jawab

Dan akhirnya saya dibimbing oleh dosen yang saya inginkan yaitu ibu Miftahul Jannah, SKom., MMSI.

 

Karena saya baru pertama kali dalam seumur hidup saya bimbingan dengan dosen, pada saat itu saya terlalu banyak bertanya kepada dosen pembimbing untuk berdiskusi dengan judul yang saya siapkan sebelumnya. Ketika itu judul pertama saya beliau tolak karena alasan judul saya terlalu familliar. Dan akhirnya saya mengajukan judul yang kedua. Dan alhamdulillah pada judul kedua beliau terima. Dan saya sangat senang sekali ketika beliau setuju.

Pada saat itu sayapun menemukan teman yang ahli dalam bidang android. Ketika itu beliau juga tidak keberatan untuk membantu penulisan ilmiah saya.

Setelah 1,5 bulan bimbingan sayapun merasa bosan dan capek karena dihadapi dengan revisian-revisian. Waktu itu saya meninggalkan aktifitas bimbingan dalam seminggu untuk mengumpulkan semangat dan motivasi dari orang lain. Dan akhirnya motivasi pun tumbuh dari kedua orang tua saya. Dari kerut wajah beliau terlihat mereka telah bekerja keras dan tidak mengenal kata capek dan malas untuk melihat putranya sukses. Dan saya pun kembali semangat mengerjakan penulisan ini.

Revisian demi revisian saya kerjakan dan project penulisan ilmiah ini saya kejar sampai kurang tidur dan sakit demi project penulisan ini selesai. Dan akhirnya pada tanggal 28 juni saya mendapatkan surat acc dari dosen pembimbing. dan saya sangat bersyukur sekali.

Setelah berselang sehari saya daftar sidang dan akhirnya pada tanggal 8 juli 2015 saya sidang. Ketika sidang saya tidak merasa gugup, karena saya sangat yakin karena saya telah mengetahui dan telah menguasai project yang saya buat. Dan akhirnyaa benar, sidang berjalan lancar dan hanya berjalan selama 7 menit tanpa ada revisian.

Dan akhirnya project penulisan ilmiah yang berjudul Rancang Bangun Aplikasi Pencarian Lokasi Barbershop di wilayah Kota Depok menggunakan teknologi GIS berbasis Android” adalah mahakarya saya selama menginjakkan di bangku perkuliahan. Saya senang sekali telah mendapatkan pengalaman yang berarti dan bermanfaat selama mengerjakan penulisan ilmiah ini. saya berharap project yang saya buat ini bisa dikembangkan dilain waktu dan menjadi berguna bagi masyarakat dan negara.

 

 

Leave a comment