“MENGENDALIKAN DIRI KETIKA EMOSI”

Emosional adalah keadaan dimana seseorang mengalamai tekanan dan rasa amarah yang ingin dilampiaskan. Emosi seseorang disebabkan oleh banyak faktor diantaranya

  • Dilecehkan seseorang
  • Direndahkan
  • Masalah yang tidak terselesaikan
  • Suntuk
  • kecewa

Emosi sangat mempengaruhi seseorang. Orang yang selalu meluapkan emosionalnya biasanya mempunyai banyak problematika dalam hidup. Sifat emosi ini harusnya dihindari dan jangan dipelihara. Karena berpengaruh besar dalam hidup. Orang yang selalu emosi hidupnya cenderung tidak nyaman, tenteram dan selalu berpikiran negatif. Dengan sifat tersebut mereka yang selalu emosional tidak mempunyai rekan yang dekat karena orang tersebut tidak ingin berinteraksi lama dengan orang yang mempunyai emosional yang tinggi.

Setiap orang selalu mempunyai sifat emosional. Tetapi setiap orang juga mempunyai caranya masing-masing untuk meredam emosi mereka. Orang yang cenderung tenang dalam bertindak dan tidak gegabah dalam melakukan sesuatu adalah orang yang berhasil mengendalikan emosi dalam dirinya. Dan adapun orang yang cenderung tidak tenang, selalu berpikiran negatif dan selalu menyalahkan keadaan maka dalam dirinya masih dikendalikan oleh emosinya.

Emosi juga ada yang positif yaitu “Emosi Senang”, emosi ini berarti emosi yang diluapkan kepada orang lain atau diri sendiri. Contohnya emosi yang diluapkan kepada orang lain seperti berjumpa kerabat,orang tua, sanak-saudara yang telah lama berpisah. Dan adapun contoh emosi yang diluapkan kepada diri sendiri yaitu ketika seseorang memenangi penghargaan, jabatan dan medali terhadap prestasi sendiri atas kerja kerasnya. Namun emosi seperti ini jangan terlalu diluapkan secara berlebihan karena manusia tidak akan pernah puas dan itu memanglah hukum alam bahwa manusia selalu mencari sesuatu dan tidak akan pernah berhenti.

Sekali lagi saya katakan bahwa setiap orang selalu mempunyai caranya untuk meredam emosi yang mereka punya dan setiap orang juga pasti mempunyai emosi. ketika kita dihadapkan oleh emosi berikut ini saya akan memberikan tips-tips untuk meredam dan menghilangkan emosi yang pernah saya alami.

 

  • Meluangkan Waktu Sendiri

ada waktunya kita untuk menjauh dari keramaian untuk menenangkan pikiran yang tidak terselesaikan.

 

  • Olahraga

Olahraga adalah cara yang tepat untuk menenangkan pikiran. Karena dengan berolahraga kita menghilangkan pikiran jenuh dan membakar kalori yang ada di tubuh kita. Sehingga pikiran tenang badanpun ikut tenang

 

  • Liburan

Pergi untuk berlibur adalah salah satu cara untuk menenangkan pikiran. Karena dengan berlibur kita menghilangkan segala kepenatan kita selama ini.

 

  • Bercengkerama dengan Teman

Ada waktunya juga kita harus bercengkerama dengan teman untuk saling berbagi cerita agar masalah yang kita punya terselesaikan bersama.

 

  • Belajar mengucap syukur walau apapun terjadi

Belajar untuk bersyukur kepada Allah swt. Karena dengan bersyukur hidup kita akan tenang dan selalu yakin bahwa Allah swt selalu bersama kita.

 

  • Beribadah Tepat waktu

Solat dan beribadah tepat waktu adalah cara yang paling sakral yang saya alami agar pikiran kembali menjadi tenang. Dengan solat tepat waktu juga kita bisa belajar disiplin waktu dan tidak menunda-nunda pekerjaan yang mustinya diselesaikan dengan mudah.

 

Berikut adalah tips yang saya punya dan pernah saya aplikasikan ke dalam hidup saya. Sekali lagi saya tekankan bahwa orang yang berhasil itu adalah orang yang mampu mengendalikan emosinya dan jangan mau menyalahkan keadaan. Karena orang yang kalah adalah orang yang selalu menyalahkan keadaan dan dikendalikan oleh emosinya oleh sifat-sifat yang merugikan diri sendiri dan orang lain.

 

Leave a comment